Pelajar wonokerto

My Blog List

Wednesday, July 27, 2016

PESANTREN IMPIAN (Cinta, teka-teki, kematian)

     Pesantren Impian, sebuah novel karya Asma Nadia yang bercerita tentang sebah cinta, teka-teki, dan kematian.
     Rini, seorang gadis pandai yang kini duduk dibangku kuliah. Namun nasib membawanya pada sebuah aib, dimana ia diperkosa oleh pamanya sendiri. Inong dan Sisy, menjadi sahabat ketika Inong menolong Sisy, kedua gadis yang masing-masing memiliiki masa lalu yang kurang baik. Si gadis begitu disebutnya, seorang pekerja salon yang tak mempunyai penampilan menarik, namun mudah belajar sehingga ia pandai berhias, selain itu ia juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Keadaan mendesak, membuatnya mencari uang dengan cara yang tidak halal, dan akhirnya dia harus membunuh seseorang. Eni seorang polisi yang sedang mencari buronan kasus pembunuhan. Butet gadis Medan yang membawa kabur obat-obatan terlarang dari bosnya.
     Mereka semua secara tiba-tiba mendapat undangan misterius disebah pulau yang tak tercantum namanya dalam peta, pulau yang tak semua orang mengetahui keberadaanya. Letaknya yang tak banya diketahui orang membuat semua gadis-gadis tersebut memutuskan untuk memenuhi undangan tersebut. Mereka berkumpul dalam sebuah pulau bernama Lheuk Jeumpa tempat dimana Pesantren Impian itu berdiri.
      Pesantren Impian merupakan tempat untuk membersihkan diri, kembali kepada jiwa yang bersih. Di Pesantren Impian, semua fasilitas tersedia, tujuannya agar para undangan yang menetap disana merasa nyaman. Pesantren Impian, dimana tidak semua orang dapat masuk ke dalamnya, hanya mereka orang-orang terpilih yang diundang untuk singgah di dalamnya. Disana, mereka diajari banyak hal tentang sholat 5 waktu berjamaah, puasa, dan kegiatan-kegiatan lain diluar keagamaan seperti olahraga, komputer, dan hal lain yang mengasyikkan.
      Beberapa hari tinggal bersama, membuat gadis-gadis tersebut semakin akrab dan memiliki rasa kekeluargaan yang besar. Mereka merasakan mempunyai keluarga baru disana, mereka juga nyaman berada di pesantren Impian. Meski diantara mereka mempunyai masa lalu yang buruk yang tidak diketahui oleh satu sama lain.
     Rini, gadis cantik yang saat ini mengandung, kisahnya tak pernah ia ceritakan kepada siapapun meskipun dirinya hanya menjadi korban. Namun kesedihan yang selalu membayanginya, akhirnya ia memutuskan untuk bercerita kepada teman-temannya di Pesantren Impian.
"Ibuku bilang, orang luar yang memporkasaku". Katanya, disela-sela ceritanya. "Yakinkah? bukankah barang-barang dirumahmu tidak ada yang hilang? dan jendela atau pintu rumahmupun tidak ada yang rusak. Bisa jadi orang dalam yang melakukannya", selidik Eni. "Tapi mana mungkin, dirumah hanya ada aku, bapak tiriku, pak lik kusno, mas bagus, ibu dan simbok. Bapak tiriku, ia sangat sayang padaku, hubungan kami begitu akrab, tidak mungkin. Pak lik kusno aku rasa juga tidak mngkin, karena dia agak feminim. Mas Bagus, dia sangat baik padaku, perilakunya selalu baik." tambah Rini.
"Sebaiknya kamu mengatakan pada Ibumu Rin, karena tidak mungkin pelakunya adalah orang luar Rin, karena kalau pelakunya orang luar pasti pintu atau jendela rumahmu akan ada yang rusak." tambah si gadis. Mendengar percakapan tersebut, membuat rini berpikir kembali.
     Tak lama setelah kejadian itu, sebuah surat dari orang tua rini, mengatakan bahwa pelaku dari perbuatan keji itu adalah mas bagus. Hal itu membuat rini semakin kecewa kepada lelaki yang ia kagumi selama ini.
***
     Kejadian-kejadian aneh mulai terjadi di Pesantren Impian. Yanti, seorang gadis di pesantren impian dibunuh oleh seorang yang sangat misterius. Butet, gadis asal medan itu pun hampir saja terbunuh oleh orang yang tak di kenalnya. Hingga suatu hari, Rini menemukan Mas bagus di Pesantren Impian.
     Kehadirannya membuka rahasia sedikit demi sedikit. Mulai dari pembunuhan misterius itu, dan rahasia tentang kehamilan rini. Namun awal kehadiran Mas bagus di Pesantren Impia justru membuat Rini semakin gelisah dan terus bersedih. Hingga akhirnya Rini tau yang sebenarnya bahwa Pak Liknya lah yang melakukan perbuatan keji itu ketika ia akan mencelaki rini untuk yang kesekian kalinya. Akhirnya pak lik kusno terbunuh dan diketahui bahwa pembunuhan misterius itu dilakukan olehnnya.
***
Masih penasaran dengan ceritanya,? silahkan baca sendiri ya novelnya. :)
Yang ingin saya tekankan disini adalah bahwa setiap orang memiliki masa lalu yang berbeda-beda. Belum tentu orang yang baik saat ini memiliki masa lalu yang baik pula, dan sebaliknya. Namun orang yang memiliki masa lalu buruk, tak selamanya menjadi orang yang buruk. Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memperbaiki dirinya, menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, jangan selalu menilai orang dari covernya, karena belum  tentu apa yang kita lihat sesuai dengan kenyataanya. Janganlah menjudge orang buruk dengan keburukan, karena setiap orang berhak membawa dirinya kepada kebaikan.
Novel pesantren impian banyak memberikan pelajaran bagi kita, kisah-kisah para gadis yang memiliki masa lalu buruk, namun akhirnya menemukan kebaikan pada dirinya. Perjuangan yang tidak mudah membawa keburukan pada kebaikan. Namun inilah, perjuangan tak akan menghianati hasil, dengan perjuangan dan kerja keras semuanya akan menjadi mungkin, dan membawamu pada nasib yang tak terduga, seperti kisah si gadis yang akhirnya berjodoh dengan pemilik Pesantren Impian, Teuku Budiman yang sesungguhnya. :)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Total Pengunjung